Ardiansyah Sulaiman meresmikan Kantor Desa dan Badan Permusyawaratan Desa (BPD) Persiapan Tepian Raya, Kecamatan Bengalon. Pemotongan tumpeng menjadi simbol peresmian dalam acara tersebut.

Dalam sambutannya, Ardiansyah menyampaikan rasa syukurnya karena Kantor Desa dan BPD Persiapan Tepian Raya didukung oleh Corporate Social Responsibility (CSR) PT KPC site Kecamatan Bengalon, Kutim.

“Desa Persiapan Tepian Raya termasuk dari 11 desa persiapan yang akan dimekarkan di Kutim dan sudah disetujui oleh pemerintah bersama DPRD Kutim sejak tahun 2022 lalu,” ungkap Ardiansyah pada Minggu (10/12/2023).

Ardiansyah melanjutkan bahwa 11 desa persiapan tersebut tinggal selangkah lagi untuk menjadi desa secara definitif. Namun, Kementerian Desa RI belum memberikan nomor induk desa, sehingga prosesnya belum dapat dilanjutkan.

Proses pembentukan desa baru ditahan sementara waktu karena jadwal Pemilihan Umum (Pemilu) 2024. Jika proses dilanjutkan pada tahun 2022, akan mempengaruhi tahapan pemilu dan daftar pemilih tetap (DPT).

Meski demikian, Ardiansyah meminta perangkat desa dan BPD untuk bersiap-siap menghadapi pemilihan kepala desa di Desa Persiapan Tepian Raya. “Proses mungkin akan berlanjut pada tahun 2025 setelah Pemilu 2024,” katanya.

Di sisi lain, Ardiansyah juga mendorong Desa Persiapan Tepian Raya untuk memaksimalkan lahan pertanian guna mendukung ketahanan pangan. “Jika masih ada lahan kosong, silakan ditanami untuk pertanian,” tambahnya.(adv/shn)

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *