SANGATTA – Kabupaten Kutai Timur (Kutim) terkenal dengan lahan sawah yang luas, kurang lebih 700 hektar menurut data yang dimiliki Dinas Pertanian dan Peternakan (Dispertan).

Sedangkan beberapa waktu lalu, Bupati Kutim Ardiansyah Sulaiman menginginkan Kutim dapat memenuhi kemandirian pangan konsumsi beras.

Menanggapi hal tersebut, Kepala Dispertan Kutim, Dyah Ratnaningrum akan menyambut baik instruksi dari orang nomor satu di Kutim tersebut.

“Kemarin pak bupati memang menginginkan Kutim memenuhi kemandirian pangan, hanya saja untuk kebutuhan perkapita kita belum ada data,” ucapnya, Senin (8/8/2022).

Dyah menjelaskan jika data kebutuhan tersebut berada di Dinas Ketahanan Pangan, dan pihaknya telah melakukan koordinasi di dinas tersebut.

Diketahui, saat ini estimasi kebutuhan lahan untuk memenuhi kemandirian pangan di Kutim sendiri dibutuhkan empat ribu hektar.

“Sebenarnya kita bisa saja, namun banyak lahan yang mulai menyempit, terlebih lagi banyaknya lahan di daerah yang terkendala jaringan irigasi,” terangnya.

Ditambah banyak lahan tidur yang kekurangan sumber daya manusia (SDM). Atau sebenarnya, Kutim bisa saja memenuhi kebutuhan pangan, namun kekurangan tenaga.(adv)

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *