Pemerintah Kabupaten Kutai Timur mengadakan Rapat Koordinasi Satu Data tahun 2023, diikuti oleh seluruh Organisasi Perangkat Daerah (OPD) yang tergabung dalam Forum Satu Data Kutim. Tujuan utama dari Satu Data Indonesia adalah untuk meningkatkan tata kelola data di setiap daerah. Asisten Pemerintahan dan Kesejahteraan Rakyat (Pemkesra) Pemkab Kutim, Poniso Suryo Renggono, berharap bahwa Satu Data dapat menghasilkan data yang akurat, mutakhir, terpadu, dapat dipertanggungjawabkan, dan mudah diakses.

Renggono menyatakan bahwa melalui Satu Data, diharapkan dapat menyelaraskan program antar sektor, merumuskan prioritas program dan kegiatan pembangunan yang efektif untuk masyarakat. Program Satu Data juga dianggap bermanfaat dalam pembuatan kebijakan daerah. Forum Satu Data Daerah menjadi wadah koordinasi dan harmonisasi, terdiri dari Koordinator Satu Data di Bappeda, Walidata diisi oleh Diskominfo Staper, Pembina data diisi oleh BPS, dan Pengelola JIGD serta produsen data dari seluruh OPD di Kutim.

Renggono menekankan pentingnya produsen data untuk memastikan kelengkapan dan kualitas data, termasuk validitas, konsistensi, dan akuntabilitas. Rakor Satu Data Kutai Timur 2023 dilaksanakan di Hotel Royal Victoria, Sangatta, selama 1 hari, dengan menghadirkan 2 narasumber dari BPS Kutim dan Bappeda Kutim.(adv/shn)

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *