SANGATTA – Gabungan komunitas pecinta alam di Sangatta, Kabupaten Kutai Timur (Kutim) melakukan giat bersih-bersih sampah bersama.

Satu per satu sampah di lingkungan Folder Ilham MaulanaKelurahan Teluk Lingga, Kecamatan Sangatta Utara, Kutim dikumpulkan ke dalam plastik hitam.

Perwakilan Komunitas Cerita Sangattaku, Ahyar Asdin menyebut bahwa ada delapan komunitas pecinta alam tersebut menginisiasi kegiatan bersih-bersih ini.

“Dari teman-teman delapan komunitas pegiat alam dan pecinta lingkungan pada hari ini melaksanakan kegiatan bersih-bersih,” ujarnya, Minggu (29/1/2023).

Latar belakang aksi ini sebab belakangan banyak pengunjung folder mengeluhkan banyaknya sampah yang berserakan di media sosial.

Kesadaran pengunjung terhadap kebersihan ini menyebabkan banyaknya sampah berserakan sehingga mengganggu kenyamanan pengunjung lainnya.

“Tujuan dari kegiatan ini tentunya sebagai pemantik agar masyarakat menyadari pentingnya kebersihan lingkungan dan tergerak untuk ikut menjaga kebersihan di tempat publik,” ujarnya.

Mayoritas sampah yang didapatkan di lokasi adalah sampah plastik bekas makanan dan minuman serta bungkusan obat batuk yang berserakan hampir di seluruh tempat.

Bahkan hingga ke selokan juga didapati sumbatan botol minuman plastik yang menumpuk.

“Kami berpesan kepada masyarakat untuk senantiasa menjaga kebersihan di Folder Ilham Maulana ini karena ini kawasan milik kita bersama,” ujarnya.

Terlebih sudah banyak disediakan tempat sampah di beberapa titik, sehingga diharapkan agar pengunjung mau bersabar menyimpan sampah dan membuangnya di tempat yang sudah disediakan.

Berikut delapan komunitas pegiat alam yang mengikuti kegiatan bersih-bersih Folder Ilham Maulana:

1. Cerita Sangattaku

2. KOMPAK KUTIM

3. Wasting Time

4. Abu Nawaz

5. SABANA

6. Mahapastin STIE

7. Track Kutim

8. Maspala Kutim.

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *