SANGATTA – Wisata pantai di Kabupaten Kutai Timur (Kutim) memiliki daya tarik tersendiri. Kabupaten yang memiliki bentang pantai dan pesisir ratusan kilometer ini masih menyimpan potensi yang belum dikelola dengan maksimal. Terkini, ada pantai teluk lingga yang mulai dikenalkan oleh pemkab pada masyarakat.

Akses menuju ke tempat tersebut memang belumlah senyaman yang dibayangkan. Namun program pengembangan jalan dan destinasi wisata tersebut sudah terbayang dipikiran Bupati Kutim Ardiansyah Sulaiman. Untuk itu Ardiansyah didampingi Kepala Dinas Pekerjaan Umum (PU) telah mengunjungi lokasi pantai tersebut.

“Ini pantai Teluk Lingga, jadi masyarakat Sangatta tidak perlu jauh-jauh jika ingin liburan ke pantai,” ucapnya.

Pantai itu diberi nama Pantai Teluk Lingga karena lokasinya yang masih masuk di Kelurahan Teluk Lingga. Tepatnya di jalan AW Syahrani dibelakang gedung Graha Expo Sangatta.

Namun saat ini, akses jalan menuju pantai itu masih lumayan susah untuk dilalui. Oleh sebab itu, ia memerintahkan Dinas PU Kutim segera membenahi jalan dan membangun geretak ulin agar memudahkan para pelancong berkunjung ke Pantai Teluk Lingga.

“Ini bisa memberikan daya tarik bagi masyarakat dan (pelaku) UMKM untuk berusahalah. Jadi bukan wisata saja yang mendapatkan manfaat. Itulah Kutai Timur Magic Land memiliki banyak potensi,” tuturnya.

Ia menyebut Kutim sebagai Magic Land atau daerah ajaib. Karena Kutim mempunyai sumber daya alam yang banyak namun belum dikelola secara maksimal.

Kepala Dinas PU Kutim, Muhir menegaskan akan segera menindaklanjuti instruksi Bupati Kutim. Dengan melakukan pembenahan akses jalan. Kegiatan itu segera dikerjakan mulai tahun ini. Pembiayaan juga sudah masuk dalam penganggaran APBD perubahan.

“Pantai Teluk Lingga ini cukup bagus dan hutan mangrove yang masih tertata. Masih bisa jadi potensi wisata luar biasa,” paparnya.

Peningkatan jalan menujunya pantai Teluk Lingga sepanjang 3 kilometer dan lebar jalan 20 meter. Sementara kualitas jalannya bisa jadi beton atau aspal, karena masih menunggu hasil survei desain.

“Alhamdulillah, tidak ada kendala karena itu memang jalan umum dan masyarakat disana antusias, jalan mereka mau ditingkatkan. Semoga terlaksana dengan lancar,” tandasnya.(adv)

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *