SANGATTA – Dinas Pariwisata (Dispar) mengumumkan hasil lomba Kelompok Sadar Wisata (Pokdarwis) tingkat Kabupaten Kutai Timur (Kutim) yang diselenggarakan beberapa pekan lalu.

Bertempat di Teras Belad Cafe & Resto, poros Sangatta-Bontang, empat nama Pokdarwis disebutkan oleh Kepala Dispar Kutim, Nurullah.

Adapun pelaksanaan lomba sadar wisata merupakan wujud komitmen pemerintah dalam rangka pembinaan penghargaan kelompok masyarakat yang berhasil melaksanakan fungsinya dengan harapan Pokdarwis akan semakin terpacu untuk berkreasi dan berinovasi dalam rangka menggerakkan peningkatan kepariwisataan di daerahnya.

Serta terus memberikan kontribusi terhadap tercapainya target kunjungan wisata Nusantara maupun manca negara dan juga meningkatkan ekonomi bagi masyarakat sekitar objek wisata.

“Tujuannya lain memberikan penghargaan serta apresiasi pada Pokdarwis yang turut mendorong perkembangan pariwisata dan kontribusi kepada masyarakat sekitarnya, serta mendorong Pokdarwis untuk semakin meningkatkan kualitas dan kapasitas nya dalam pengembangan dan pengembangan kepariwisataan lebih inovatif, kreatif dan mandiri serta memiliki daya saing,” terangnya.

Adapun sasaran lomba, ini diikuti oleh 10 Pokdarwis yang ada di Kutim, yakni Pokdarwis Kutai Bahari, Desa Sangatta Utara, Kecamatan Sangatta Utara. Pokdarwis Swara Bara, Desa Swarga Bara, Kecamatan Sangatta Utara, Pokdarwis Trigona Riborn, Desa Sangatta Selatan, Kecamatan Sangatta Selatan, Pokdarwis Pantai Marang Pada idi, Desa Kaliorang, Kecamatan Kaliorang.

Pokdarwis Miyang Lantong, Desa Pulau Miyang, Kecamatan Sangkulirang. Pokdarwis Sungai Mengkuris dan Tapak Tangan Desa Batu Lepok, Kecamatan Karangan. Pokdarwis Sekerat Jaya Mandiri, Desa Sekerat, Kecamatan Bengalon. Pokdarwis Blom kas, Desa Nehas Liabing, Kecamatan Muara Wahau. Pokdarwis Kung dan Khut, Kecamatan Desa Nehas Liabing, Kecamatan Muara Wahau. Pokdarwis Belungyau, Kecamatan Kongbeng.

“Yang pertama memberikan pemahaman kepada Pokdarwis, untuk bisa meningkatkan kinerjanya, kreativitas nya, inovatif nya dan mampu bersaing mandiri, itu harapannya. Sehingga destinasi wisata yang ada di Kutim bisa meningkatkan kunjungan,” imbuhnya.

Dari 10 nama tersebut muncul 4 nama yakni.

  1. Pokdarwis Trigona Riborn dengan nilai 90,67 memenangkan uang pembinaan Rp 8.000.000
  2. Pokdarwis Pantai Marang (Pada idi) dengan nilai 75,67 memenangkan uang pembinaan Rp 6.000.000
  3. Pokdarwis Blom Kas dengan nilai 69,00 memenangkan uang pembinaan Rp 5.000.000
  4. Pokdarwis Sekerat Jaya Mandiri dengan nilai 62,00 memenangkan uang pembinaan Rp 3.000.000.(adv)

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *