SANGATTA – Kabupaten Kutai Timur (Kutim) menjadi salah satu kabupaten/kota dengan angka stunting tertinggi di Provinsi Kalimantan Timur (Kaltim) menurut data yang diperoleh Pemerintah Pusat.

Wakil Bupati Kutim, Kasmidi Bulang beberapa waktu lalu telah menyebar tim untuk mendata ulang terkait tingginya angka stunting di 18 kecamatan.

“Tim sudah survei langsung ke kecamatan, desa bahkan RT, kita kroscek ternyata tidak ada penderita stunting ini di daerah tersebut, padahal data dari Pemerintah Pusat ini ada,” ucapnya.

Tim yang ada ini juga telah memverifikasi ulang, kemudian data yang ada di kirimkan kembali ke kabupaten, dari situ data di kirim lagi ke provinsi hingga ke pusat.

Kasmidi menyampaikan hal ini menjadi referensi Pemda, harusnya data yang di lansir Pemerintah Pusat sebaiknya di konfirmasi terus kepada Pemda secara berkala.

“Karena kadang-kadang kita juga kaget di Pusat datanya tinggi, sedangkan kita yang survei langsung di daerah ternyata tidak ada,” terangnya.

Bahkan dirinya secara langsung turun ke beberapa desa untuk melakukan kroscek berdasarkan data dari Pemerintah Pusat tersebut.

Sangkulirang menjadi tujuannya saat melakukan verifikasi data penderita stunting ekstrem. Sama dengan kemiskinan ektrem.

“Lagi-lagi Pemerintah Pusat selain stunting kemiskinan kita juga ekstrem. Sampai kepala desa nya masuk, itu beliau langsung marah-marah karena masuk data miskin ekstrem,” jelasnya.

Meski tak menafikan bahwa di Kutim masih ada kasus stunting, pria yang akrab disapa KB ini berharap baik pemerintah juga masyarakat dapat bekerjasama dalam penurunan angka stunting. (Adv)

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *