SANGATTA – Sebanyak 83 jemaah haji kloter delapan gelombang ke dua asal Kabupaten Kutai Timur (Kutim) tiba di Masjid Agung Al-Faruq, Bukit Pelangi, Kawasan Perkantoran, Kecamatan Sangatta Utara.

Kepala Kementrian Agama (Kemenag) Kutim, Mulyadi turut menyambut kedatangan jemaah haji yang baru tiba itu menyampaikan semoga di tahun yang akan datang, Indonesia khususnya Kutim mendapatkan porsi yang normal.

“Mudah-mudahan pada tahun berikutnya kita akan diberikan porsi yang normal, sehingga pelaksanaan ibadah haji bisa terlaksana di tahun 2023, dan pada tahun-tahun selanjutnya,” ucapnya.

Menurut informasi Sistem Informasi Haji (Sisfohaj), masa tunggu normal keberangkatan haji adalah 32 tahun. Apabila 2023 atau tiap tahunnya ada yang berangkat maka daftar tunggu bisa terus berkurang dan berkurang.

Kesempatan yang sama, Bupati Kutim Ardiansyah Sulaiman menyampaikan pada jemaah haji yang datang untuk tetap menerapkan kedisiplinan dalam melaksanakan ibadah.

“Para jemaah yang baru datang ke tanah air, tetap kedisiplinan dalam rangka ibadah demi ibadah harus diutamakan dalam kehidupan keseharian dan tetap memberikan nasihat kepada keluarga yang belum berangkat haji untuk terus berdoa,” ungkapnya.

Juga senantiasa mendoakan keluarga dekat maupun tetangga agar bisa menjadi tamu Allah dan melaksanakan ibadah haji. Jemaah haji juga diharapkan untuk terus menjadi suri tauladan.

Sebab menurutnya, ibadah haji adalah rukun Islam yang diwajibkan oleh Allah, namun dengan persyaratan yang cukup berat. Tidak hanya kesehatan, kekuatan tetap juga kestabilan ekonomi dan kemampuan dalam mengikuti tiap proses perjalanannya.

“Jadi jemaah haji yang Allah pilih, makanya disebut tamu Allah yang datang untuk bertamu, ke rumah Allah (Baitullah), mengunjungi Masjid Nabawi, dan berziarah langsung ke makam Rasulullah,” imbuhnya.

Orang nomor satu di Kutim tersebut juga berharap ada normalisasi kembali untuk daftar tunggu keberangkatan jemaah haji ditahun yang akan datang, agar calon jemaah lansia yang menunggu bisa segera berangkat.

Turut hadir juga menyambut kedatangan jemaah haji Sekertaris Daerah (Sekda), Wakil Ketua II DPRD Kutim, Kapolres, Dandim0909/KTM. Yang dikerahkan dalam penjagaan dan pengawalan anggota Polantas Polres Kutim, anggota Satpol PP, dan anggota Dinas Perhubungan (Dishub).

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *