Liputankaltim.com, SANGATTA – Beberapa waktu lalu, Kota Sangatta dihebohkan dengan penemuan seorang bayi laki-laki dengan ari-ari yang terpotong tak rapi di dalam kardus.

Bayi tersebut, kini telah ditangani oleh Dinas Sosial (Dinsos) Kabupaten Kutai Timur (Kutim). Kabid Rehabilitasi Dinsos Kutim, Ernata Hadi Sujito mengatakan, seluruh kebutuhannya akan ditanggung Dinsos Kutim.

Diketahui, bayi tersebut ditemukan warga, di kawasan Jl Soekarno Hatta pada Senin (20/6/2022) lalu. Kaget menemukan adanya bayi, warga bersama polisi langsung mengevakuasi bayi tersebut ke Rumah Sakit Medika SOHC, sebelum beberapa saat dijemput perwakilan staf pelayanan Dinas Sosial untuk dirujuk ke RSUD Kudungga Sangatta.

“Sesuai dengan arahan Bapak Kepala Dinas Sosial (Kadinsos) Jamiatulkhair, Dinsos akan bertanggung jawab sepenuhnya pada bayi tersebut, termasuk pembiayaan sehari-hari,” ucapnya.

Bayi malang tersebut saat ini berada di RSUD Kudungga untuk perawatan, Dinsos lah yang menanggung pembiayaan, seperti susu, pampers dan lain-lain. Pihaknya juga akan melakukan hal serupa apabila terdapat kasus serupa.

“Karena memang ini termasuk kasus anak dan Kami dari dinas sosial sangat memperhatikan itu,” imbuhnya.

Kondisi terakhir bayi dikabarkan saat ini sudah membaik, dari yang awalnya itu memang lemah, kini telah mendapat perawatan dan pemulihan kembali dari pihak rumah sakit supaya anak itu bisa sehat.

”Ini tadi sudah mulai membaik,” ungkapnya.

Adapun setelah kondisi bayi pulih dan dinyatakan sehat, Dinas Sosial mempersilahkan siapapun yang berminat mengadopsi bayi tersebut dengan menyambangi Dinsos Kutim. Namun tetap mengikuti prosedur yang telah ditentukan oleh pihak Dinas Sosial.(adv)

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *